Posted by : Unknown
Jumat, 15 September 2017
TUGAS AKHIR KULIAH
LINGKUNGAN BISNIS SEMESTER GANJIL 2017/2018
Disusun Oleh :
Nama : Fahrudin Mustakim Hidayat
NPM : 17.60.0007
Kelompok : C
UNIVERSITAS
AMIKOM YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN
2017/2018
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena
berkat rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Karya ilmiah
ini dengan judul “BISNIS ONLINE DI BIDANG TRANSPORTASI”.Tugas ini dibuat dalam
rangka memenuhi salah satu tugas Lingkungan Bisnis UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
Kami menyadari bahwa karya ilmiah ini masih memiliki
kekurangan, oleh sebab itu kami akan sangat berterima kasih sekiranya
mendapatkan masukan-masukan untuk penyempurnaannya, terutama kami sangat
berharap sumbang saran dari Bapak/Ibu pengampu Lingkungan Bisnis.
Atas masukan- masukannya kami ucapkan terima kasih.
Yogyakarta,
3 Maret 2016
Penulis
DAFTAR ISI
1. Cover
.................................................................................................
2. Kata Pengantar
.................................................................................
3. Daftar Isi
..............................................................................................
4. Abstrak
.............................................................................................
5. Isi
.....................................................................................................
a.
Pendahuluan
.............................................................................
·
Latar Belakang
...........................................................................
·
Tujuan
.....................................................................................
·
Sasaran
......................................................................................
b.
Permasalahan
................................................................................
·
Kekuatan
...................................................................................
·
Kelemahan
.................................................................................
·
Peluang
...................................................................................
·
Tantangan /
Hambatan .............................................................
c.
Kesimpulan dan
rekomendasi ..........................................................
6. Referensi
.................................................................................................
ABSTRAK
Karya tulis ini menjelaskan tentang
peluang usaha bisnis Ojek Online. Di mana bisnis Ojek Online sangat menguntungkan. Untuk peluang usaha di bidang Ojek
Online atau usaha-usaha di bidang transportasi seperti ini khusunya ojek
online tidak terlalu
memakai modal yang besar karena cuma bermodal koneksi internet dan sebuah
kendaraan bermotor, dan
masalah harga cukup bersaing dalam usaha ini , karena jasa seperti ini sangat cepat laku karena
kita tentunya tahu bahwa mobilitas masyarakat dijaman modern ini cukup tinggi,
dan juga banyaknya kemacetan yang ada sehingga banyak masyarakat yang kemudian
beralih menggunakan transportasi online khususnya ojek online. Sehingga dapat
menjamin bahwa keberlangsungan usaha di bidang ini akan terus ada sampai kapan
pun.
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Masalah
Transportasi adalah salah satu sarana yang sangat
dibutuhkan di seluruh penjuru dunia. Trasnportasi sebagai penunjang kegiatan
sehari-hari adalah hal yang sangat di butuhkan di masyrakat. Tak jarang
kemajuan suatu bangsa bisa juga di simbolkan dari alat atau jasa
transportasinya.
Transportasi baik jasa maupun alat ta jarang sangat
membantu perekenomian di suatu negara. Transportasi ini sudah menjadi kebutuhan
primer yang sudah harus dijamin keberadaanya.
Dengan jumlah masyrakat Indonesia yang sudah sangat
banyak, transportasi di Indonesia tak jarang menuai suatu masalah.
Dengan demikian muncul ide – ide yang berkembang mengenai
mode transportasi umum. Salah satunya adalah ojek. Ojek adalah transportasi
umum tidak resmi di Indonesia berupa sepeda motor atau sepeda yang disewakan
dengan cara memboncengkan penumpang. Penumpang hanya 1 orang bahkan sampai 2
orang saja. Ojek jadi sangat populer karena menggunakan sepeda motor atau
sepeda onthel. Alasannya, karena dapat menembus kemacetan di ibukota jakarta
ini, maka dari itulah ojek jadi sangat di perlukan di Indonesia.
Seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi
yang serba canggih, beberapa orang melakukan inovasi yang menyangkut teknologi
dan transportasi. Salah satunya berkaitan dengan ojek. Inovasi yang diciptakan
adalah ojek online.
Ojek online adalah layanan transportasi ojek yang dapat
kita akses melalui gadget ataupun smartphone kita. Setiap pengguna transportasi
ojek online kini dapat membuka aplikasi khusus ojek online di gadget atau
smartphone kalian untuk dapat terhubung atau mengakses ojek online.
Ojek online tersebut terasa lebih efektif, karena
pengguna tak harus membuang waktu untuk berjalan kaki menuju ojek pangkalan dan
menunggu si abang ojek datang.
Karena para pelanggan lebih memilih ojek online ini yang
lebih efisien dibanding ojek pangkalan.
Namun para pengojek pangkalan menjadi resah karena
kehadiran ojek online ini, mereka jadi tidak mendapatkan penumpang dan mereka
juga kekurangan penghasilan. Seringkali mereka berdemo menyuarakan aspirasinya,
tak hanya itu. Mereka juga terkadang mengintimidasi para pengemudi ojek online
dengan cara kekerasan fisik dan lain-lain.
1.2 Tujuan
Tujuannya dibuat adalah untuk mengatasi permasalahan di
kota besar yang sangat padat (macet) untuk memilih transportasi umum yang
mudah, cepat, tepat, dan aman. Serta mengikuti kemajuan teknologi yang ada
sehingga meningkatkan sumber daya yang ada.
1.3 Sasaran
Sasarannya adalah masyarakat dikota besar yang sangat
sibuk & ingin sesuatu yang mudah, ringkas,cepat,sehingga keberadaan ojek
online ini diterima dengan sangat mudah dimasyarakat
BAB 2
PERMASALAHAN
1. Kekuatan ( Strength )
a. Dengan
aplikasi ojek online, kita dapat mengetahui nama perusahaan ojek tersebut,
profil driver ojek tersebut, dan kita mengetahui nominal perjalan kita
b. Ojek
online lebih aman, karena kita dan driver selalu dibawah pengawasan GPS
c. Ojek
online lebih mudah di banding ojek pangkalan. Ojek online tidak hanya melayani
antar jemput saja, melainkan bisa memesan makanan dan juga bisa mengantarkan
barang
d. Ojek
online tinggal memesan lewat aplikasi dan si driver akan mendatangi rumah kita,
beda dengan ojek pangkalan yang harus di panggil di ujung gang rumah kita
2. Kelemahan
( Weaknees )
a. Aplikasi
sering kali eror, sehingga jadi sulit untuk mengakses nya
b. Cukup
banyak driver yang tidak bisa membaca peta, dan akhirnya menjadi lama
untuk menjemput penumpang nya
c. Di
berlakukannya jam sibuk, sehingga harga perjalanan jadi naik 2kali lipat
d. Banyak
juga driver ojek online yang melanggar aturan lalu lintas
3. Peluang
( Opportunity )
a. Berpenghasilan
baik
b. Membuka
lapangan kerja di Indonesia, karena pengguna ojek online semakin meningkat
peminatnya
c. Terciptanya
kemudahan memperoleh jasa transportasi di kalangan masyarakat
d. Ruang
lingkup yang dijangkau oleh pengendara ojek online lebih luas.
4. Hambatan
( Threats )
a. Sering
terjadi pertikaian antara pengendara ojek online dengan ojek pangkalan
b. Upaya
pedamaian yang dibuat oleh perusahaan ojek online tidak ditanggapi ditanggapi
baik oleh pengendara ojek pangkalan
c. Mengendalikan
diri masing-masing adalah hal yang sulit
d. Perbaikan
infrastruktur di kota-kota besar
BAB 3
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
1.
Kesimpulan
a. Perlu
adanya musyawarah antara pengemudi ojek online dengan pengemudi ojek pangkalan
b. Perlu
adanya pembaruan teknologi transportasi
c. Ojek
online bisa dijadikan sebagai hal yang bisa meningkatkan persentase kunjungan
turis
d. Ojek
online memiliki pelayanan yang baik, jangkauan yanng luas, dan lebih ekonomis
2. Rekomendasi
a. Menghilangkan
budaya gagap teknologi di kalangan masyarakat pengguna jasa transportasi
b. Ojek
online lebih praktis
c. Menciptakan
lapangan pekerjaan baru
d. Jam
kerja ojek online lebih fleksibel
referensi :
http://media.iyaa.com/article/2016/03/ada-5-keunggulan-jasa-transportasi-berbasis-online-3437122_9242.html
www.amikom.ac.id